Minggu, 31 Maret 2013

Prospek E-commerce di Indonesia dan di Dunia



            E-commerce adalah sebuah website yang menyediakan transaksi secara online, layanan ini memanfaatkan internet untuk bertransaksi. website whatis.com terdapat pengertian E-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World Wide Web (WWW). Menurut Robert E. Johnson, III  E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama. Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan E-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan E-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
            Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:
1.               Electronic Markets (EMs). EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dengan kata lain, informasi dalam tipe ini penjual dan pembeli tentang harga dan produk yang ditawarkan.
2.               Electronic Data Intercange (EDI). EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
3.               Internet Commerce. Internet commerce adalah penggunaan internet dalam berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dilakukan dalam pemesanan online barang yang sudah dipesan dapat dikirim melaui pos ataupun dengan cara lain setelah uang dikirim ke rekening penjual.

Kontrak online dalam E-commerce menurut Santiago Cavanilas dan A. martinas Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyat Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi, yaitu:
*      Kontrak melaui chatting dan video conference.
*      Kontrak melalui e-mail
*      Kontrak melaui web atau situs

Perkembangan E-commerce di Indonesia
            Perkembangannya sendiri terjadi sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net  sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net .Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu. Baru-baru ini terbentuk asosiasi e-commerce di Indonesia. Mereka adalah Berniaga.com, Bhinneka.com, Blibi.com, Dealgoing.com, Gramedia.com, Kaskus.us, Multiply.com, Plasa.com, Tokobagus.com dan Tokopedia.com serta anggota asosiasi ini akan bertambah lagi kedepannya.


Prospek E-commerce di Dunia
            Secara umum, E-commerce mempunyai perkembangan yang sangat pesat di dalam dunia marketing. E-commerce mempunyai daya pikat kepada share market baru dalam dunia marketing visual. Dengan seiring majunya kemempuan jaringan perkembangan komunikasi, E-commerce dengan sangat mudah menyebar ke seluruh dunia tanpa ada batasan informasi. E-commerce berkembang begitu cepat di seluruh dunia. Dengan masuknya era web 2.0 segala sesuatunya dipermudah. Manusia yang penuh dengan kesibukan, membutuhkan segala cara yang dapat mempermudah hidup mereka. Salah satunya berhubungan kegiatan berbelanja. Fenomena belanja daring bukanlah hal yang baru, namun saat ini semakin berkembang pesat. Dibantu teknologi web 2.0 yang bersifat interaktif, memungkinkan seseorang untuk berbelanja hanya melalui rumah, kantor atau dimanapun mereka berada, dan dalam waktu singkat barang yang mereka inginkan akan sampai di tempat tujuan. Bisnis-bisnis online yang ada di webside tidak hanya dari lokal yang pastinya diluar juga, dan berbagai negara yang berpartisipasi semakin banyak. Kemudan-kemudahan untuk mendapatkan produk-produk impor berkualitas tinggi dan ber-merk.
7 alasan kuat Anda harus memiliki Website hari ini juga:
1.       Memperluas Pangsa Pasar Bisnis Anda
2.       Dapat dikunjungi sepanjang waktu (24 Jam)
3.       Meningkatkan Kredibilitas Usaha Anda
4.       Biaya Promosi Jauh Lebih Murah
5.       Menyajikan Informasi Lebih Lengkap Dan Akurat
6.       Riset data pemasaran yang aktual dan murah
7.       Membangun komunikasi pelanggan lebih efektif


http://blog.ub.ac.id/rizkywidisa/2013/02/20/prospek-e-commerce-di-indonesia-dan-dunia/

http://duniaekonomiku.blogspot.com/2013/02/prospek-e-commerce-di-indonesia-dan.html

http://ismailsyafuan31.blogspot.com/2012/10/makalah-perkembangan-e-commerce-di.html
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/01/15/perkembangan-ecommerce-di-indonesia-524595.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar